Thursday, December 16, 2010

3 tahun 5 Bulan



Kemaren, hari pertama latihan adaptasi di TK-nya, awalnya gw sempet khawatir, takut kalo Aksa demam panggung dan berakhir mewek plus ngambek. Tapi Alhamdulillah, pertemuan pertama dilewati dengan lancar. Isi acaranya, perkenalan guru2 penanggung jawab grup selama 4 bln latihan, terus dapet kartu absen, nyanyi2 bentar, belajar naro hand towel-ke wc-pipis-cuci tangan sendiri, terus nyanyi2 lagi, dan pulang.

Mudah2an lancar terus ya Sa :)

Sejak Aksa gag daycare tiap hari, gw jadi punya waktu banyak buat merhatiin dia *Alhamdulilah*, Bahasa Indonesianya makin oke, semakin gede semakin menunjukkan pribadi yang *ehem* lumayan keras *ehem* cetakan yaa bowk, cetakan:D...

Banyak hal2 yang bikin gw harus banyak mengucap syukur, menikmati dan belajar menjadi ibu itu memang adalah suatu yang sangat berharga, apalagi kalo ada hal2 baru yang baik yang kita ajarkan ke anak, dikerjakan anak tersebut.

Kemarin, waktu nelpon Obaa-chan nya di Purwokerto, tiba2 Aksa bilang,

"Obaa-chan, kalo naek mobil, pesawat, kereta baca Bismillahi majreha wamursaha ya."

Emak gw bilang sama gw,

"Pasti diajarin Ridho ya Kak."

Baaahhh kalo yang baek2 gitu emang harus selalu Ridho apa yang ngajarin:D....Gw juga gak ngajarin si, cuman sekali bilang waktu pas di mobil,

"Sa, Bunda kalo mo nyetir baca Bismillahi majreha wamursaha."

Eh, dia inget sendiri *Alhamdulillah....*

Hal2 yang lain bikin gw seneng, sejauh ini;

Udah mulai minta mo makan apa, terus maem sendiri sampe selesai, hampir gak pernah disuapin lagi, baik di rumah maupun di restoran. Kalo di rumah abis maem, piring kotornya ditaro sendiri di tempat cuci piring.

Bisa copot celana, nyalain lampu toilet, pipis, cuci tangan, matiin lampu, terus pake celana sendiri (cd dan luaran), tapi tetep gw cebokin soalnya kan emang harus cebok dan gw blm percaya dia bisa cebok sendiri. Kalo abis pipis lsg pake celana sik itu mah udah jago, secara kalo di daycare emang gitu kebiasaanya...

Bisa nyalain & matiin keran wastafel, nyalain & matiin keran shower. Tau bedanya yang air hangat dan air dingin.

Bisa make & lepas baju sendiri, tapi yang kancing kemeja masih suka males secara bajunya kaos semua, emaknya juga males nungguin Aksa ngancingin bajunya *jangan ditiru:D*

Karena sekarang lagi winter, Aksa suka minum susu anget, abis dituangin ke gelasnya, dia bisa buka, masukkin dan mencet microwave buat chin sendiri...

Kan udah hafal alphabet, terus mo gw ajarin baca, tapi dilarang Ridho, menurut Ridho, ngajarin anak membaca itu gag sembarangan, apalagi untuk anak laki2 yang memang lebih banyak di masa kanak2nya gak secepat anak perempuan dalam hal membaca. Jadi intinya, biar sekolah aja yang ngajarin Aksa baca *makasi Ayah meringankan PR Bunda:D*

Sekarang lagi ngajarin hijaiyah, hiragana dan katakana? masih tetep; itu juga biar di sekolaan ajah :))

Namanya anak2, kadang bikin ngamuk yaa itu pasti. Lagi suka2nya bilang "Enggak mau", kalo udah dateng gag nurutnya, yaa emosi jiwa juga si gw....*maafkan Bunda yaa Sa:)*

Gw memang harus belajar lebih sabar jadi Ibu, PR banget emang, berat boook, secara yang namanya anak masih kecil itu kan macem kertas putih katanya, gw pengen banget gag ngasih coretan2 merah-berantakan-berbekas macem luka di bagian2 yang putih itu.

Aksa-Kun,
Maafin Bunda ya Nak, kalo Bunda masih suka marahin Kamu, maafin Bunda yaa Nak. Bunda tau cara Bunda kurang tepat, untuk menyampaikan aturan2. Tapi semua Bunda lakukan karena Bunda kepengen Aksa bisa jadi orang yang benar. Bunda selalu berdoa, supaya kelak Aksa jadi manusia yang sholeh, sehat, memberikan manfaat buat sekitar. Dan terima kasih yaa Nak, untuk hampir gag pernah lupa bilang terima kasih ke Bunda.

"Bunda, makasi ya udah masak buat Aksa, makasi ya udah bersihin rumah, makasi ya udah motongin apel, makasi ya udah lipetin baju, makasi ya udah berat2 belanja dan begitu banyaknya Aksa bilang makasi ke Bunda..."

Ini sangattt berarti buat Bunda, Sa....

Aksa, umarete kite kurete arigatou...:)

0 comments: