Wednesday, October 20, 2010

Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga

Udah taunan gak pernah OL di YM, begitu online berasa langsung jadi artis :)) dan begitu orang2 tau gw jadi pengangguran datanglah pertanyaan2 yang jadi males bikin online YM lagi :D

Udah gag kerja lagi, ngapain aja di rumah?

Enak dong ya jadi pengangguran, gimana rasanya jadi ibu2 gak ada kerjaan?

Ibu rumah tangga doang tu kerjanya apa si emangnya?

Dan macem2 pertanyaan laennya dari orang2 yang memang gag tau rasanya jadi ibu rumah tangga atau meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga, tipis bedanya :D

Saran gw, kalo mo tau rasanya, gimana kalo dicoba dan dirasain aja sendiri, semua kerjaan. ya jadi ibu, jadi istri, jadi wanita pekerja, sekaligus jadi asisten rumah tangga dalam keseharian keluarga, kalo nanya mah gag akan efektif, trust me :D

Buat gw, jadi Ibu Rumah Tangga itu; enak! Santai? ohhh,Iya banget! Gag ada kerjaan? ohhh,Iya bangett! Pengangguran sejati? He'eh donggg *semua dijawab dng nada tengil inih:D*.....tapi sejujurnya emang dibanding sama kemaren pas kerja, jadi ibu rumah tangga full ini agag meringankan gw si :D!

Dulu;

Sarapan pagi aja jarang sempet ngunyah; oatmeal selalu jadi andelan, sarapan pagi sambil nemenin sarapan anak, yang kadang2 ngajak maen 'drama' pagi2, namanya juga anak2 kan ya:D...

Mandi pagi & dandan? Hadeeehh... cuci muka-bedakan-lipglossan aja sambil megang anak juga, sikat gigi sendiri tangan kanan, sikat gigi anak tangan kiri, keknya cuman kaki aja yang jarang dipake kerja waktu itu selaen buat gowes sepeda

"Bangunnya kurang pagi kali Lo!"

Lah kalo gw gag bangun pagi, siapa itu yang nyiapin sarapan suami dan bekelnya buat dibawa kerja berangkat jam 6.20 pagi? Si Inem?

Belum lagi nyiapin bekel gw sendiri...

Berangkat kerja bareng anak? Kalo pas cuacanya cerah gag pake hujan, hati pun riang....naaaah kalo hujan turun dengan derasnya, PR deh tu, mikir; naik sepeda biar pake jas hujan kasian anak, kalo bawa mobil, bayar parkirnya males :D *belom kenalan ya sama gw, sini kenalan dulu, Gober is my middle name :D*

Sampe tempat kerja? Langsung kayak masuk tahanan :D! Stres abis deh tu, isinya cucu tentara perang semua :P! Ya tapi emang standar si jadi JoNi aka Jongos Nippon, mana bisa kerja sambil becanda2, santai2 kek di pantai, kadang kerja ditungguin deadline masih sejam udah ditanyain mulu...Makan siang lewat dari jam kerja? 15 menit sblm masuk aja, orang2 udah siap kerja lagi! Kita bengong kyk gag ada kerjaan, diliatin dan gag jarang ditanyain! Kerja sambil internetan, wuahahaha itu cuman dalem mimpi bok! Makanya kalo lagi lunch dan break, efektif langsung internetan. Kerja sambil ngantuk nguap2? Disuruh pulang buat tidur! Kalo bikin salah? dimarahin abis2an si lumayan jarang ya, tapi diomongin ampe kiamat deh tu kayaknya kesalahan kita sama orang sekantor .... dan masih ada beribu2 cerita lain yang bikin kerja beda tipis ama disiksa :D

Kalo anak sakit? Wadduhh, pusing abis! mo nelpon minta ijin gag masuk kayak mo minta ijin kawin ke calon mertua, deg2an parah...kalo ngambil jatah cuti, kan gag bisa mendadak2 begitu...gw gag pernah ngerasain tertekan yg banget2 selaen tiap kali anak sakit mo ijin gag masuk ke kantor. Bukan sakit anaknya yang bikin stres, tapi ngomong ke orang kantornya itu yang kadang bikin mo mati *maap saya lebay, tapi emang itu kenyataannya:D*

Capek pulang kerja, pekerjaan juga udah menanti satu2 minta dikerjain. Kadang pulang kerja gw mampir belanja, sampe rumah masak2 buat makan malem, terus jemput anak, ngurusin anak, suami pulang nemenin dia makan malem, dan beres2 dapur & meja makan, bisa duduk2 santai biasanya di atas jam 9 lewat, yang mana aktifitas efektif gw mulai dari jam 6 pagi tiap harinya, belom lagi cerita bersihin rumah, laundry things, riwa-riwi things yang musti dikerjain di hari kerja gag bisa ngandelin suami, dan *lagi2* kalo anak sakit semua tetep harus dikerjain sendiri...

Apalagi kalo bernasib gag pernah kenalan sama yang namanya babysitter dan ART (pembantu) tulisan kata2 sabar dan ikhlas itu harus ditempel di penjuru rumah....oh iya sama satu slogan lagi yang perlu ditempel, "demi cita2; masuk surga!" :D

Kadang niy ya kalo lagi diem sendirian, gw suka salut sama diri gw *maap yaa kalo bangga lebay:D* Gag percaya gw bisa melakukan semua ini setelah punya anak dan bertahan 3 tahun, apalagi kalo diinget2 gw ini tipe orang kayak gimana, yang kenal sama gw dari jaman dulu pasti ngira gw ngibul cerita tentang keseharian gw jaman kerja ini:D

Dan sekarang....

Walopun akhirnya gw 'menyerah' dengan tidak bekerja lagi, bukan berarti gw menyerah sama hidup dan perjuangan ini *wow, kata2nya! macem pujangga:D* gw memang menyerah dengan dunia kerja gw, karena gw menyadari bahwa semua itu hanya egoisme gw semata yang selalu berdiri di label 'istri juga punya hak untuk bekerja dan mengembangkan diri', padahal ketika gw berdiri di label tersebut seharusnya secara lahir dan batin gw juga siap dengan keadaan bahwa istri yang bekerja itu bukan cuma kerja di kantor tapi pekerjaan di rumah pun sudah siap menanti kita:) Sementara yang namanya pekerjaan di rumah itu luar biasa menantang bok, menantangnya yaaa itu kita harus temenan banget sama yang namanya sabar dan ikhlas :D

(sementara, sabar dan ikhlas yang gw punya semakin hari semakin menipis seiring dengan pekerjaan yang semakin hari semakin menggila, dan pada kenyataannya gw pun harus mendahulukan mana yang lebih penting....)

Jadi buat semua ibu2 di luar sana, baik dia pekerja kek, ibu rumah tangga kek, atau merangkap dua2nya kek, semua punya sisi hebatnya masing2, dan gw sedikit pun gag pernah memandang sebelah mata terhadap ibu2 apapun dia perannya....

Kalo ada yang bilang dengan nada meremehkan, "Ibu Rumah Tangga, apa tu gag ada kerjaanya!"

Jawab aja, "Dicoba dulu lo Jeng, jadi Ibu Rumah Tangga 24 jam tapi tanpa pembantu, babysitter, supir dan juga gag tinggal numpang sama mertua/ortu atopun sebaliknya, lumayan lowh ngirit ongkos nge-gym." *jangan lupa, sembari menjawab sambil kasih senyum yang paling manis* :D


2 comments:

ira i said...

Hahahaha...si Ibu, ya kira2 begitulah hampir sama seperti yg dakuw rasakan ketika masih bekerja di kantor dan ketika menjadi ibu rumah tangga doank *tanpa asisten*, bedanya dulu waktu masih kerja rasanya justru enak, karena masih tinggal dengan ortu,anak-anakku ada pengasuhnya dan suami tinggal di jkt, banyak banget punya 'Me' time.
Gak kayak sekarang euyy...super duper deh rasanya, gak dapet gaji, pekerjaannya wowww keren!!! 'Me' time???...boro-boro pisan. Hari ini aja dari jam 4 pagi bangun tidur pekerjaan belum kelar2 hihihi :)

miaridho said...

I feel you Ra, me time? itu cuma ada pas tidur dan itupun dalam mimpi :D iya si kalo kerja punya me time lbh banyak, tapi begitu smp rumah, waduhhh bawaanya mo ngamuk mulu gw mah :D