Tuesday, January 05, 2010

Makanan...


Long time no see dear blog :D....

udah 2010, Alhamdulillah di 2009 banyak banget yang terlewati dengan lancar, mudah2an ke depannya juga begitu, amiin...

Tutup taun masehi kemaren, ditandai dengan kedatangan nyokap dan ade gw, seneng banget deh, walopun rada berat pas mereka mo balik ke jakarta yaa, dan emang selalu begitu deh kalo didatengin, mendayu2 pas yang datengin mo kembali ke endonesa:(...

mau sekedar berbagi, maaf kalo yang baca gag berkenan, ini juga gag maksud menggurui siy, cuman gw rasa gag ada salahnya juga nyampein...

Waktu nyokap dan ade gw kemaren dateng, mereka kan *biasa deh* begitu urusan mo pulang, pada sibuk cari oleh2, untungnya nyokap pergi sama ade gw, yang gag repot urusan baca-membaca, oleh2 mana yang bisa dan boleh dimakan, jadi yaa mereka sering pergi beduaan buat nyari oleh2 berbentuk makanan, gag perlu nunggu Ridho atau gw balik kerja...

Setelah urusan oleh2 makanan kering itu hampir kelar, ade gw mulei sibuk nanya2 ke gw, tentang Tokyo Banana, mengingat tempat tinggal kita yang 'agag' desa, jadi kan PR yeee nyari tokyo banana ini, kalo spesial disuruh pergi ke tokyo ato kota besar laennya, agag gober ngeluarin ongkosnyah :D...

Setelah browsing2 kedapetan deh tokyo banana ini buka counter kecil di Parco Urawa...seneng dong, secara tu tempat bisa ngesot dari rumah:D...

Begitu mo beli tu kue pisang nan happening, ternyata kagag bisa dimakan sodara-sodare:D...penonton kecewa? pastinya yaaa, kan penasaran juga sama rasanya, yang tinggal di sini aja belon pernah nyobain :D...

Ada beberapa yang bisa dimakan siy, tapi justru yang jenis paling terkenalnya kagag bisa dimakan...Ada gelatin-nya dan kita tanya sama mas2 di counternya, sampe tu mas2 nelpon ke perusahaannya, gelatin itu dari apa, dan ternyata dari hewan, yaa gag bisa dimakanlah pastinyah:D...(tadinya gw mo ngotot nanya lagi, hewannya apa, kalo ikan kan masi bisa dimakan yeee, tapi Ridho bilang udahlah, kalo gelatin kayaknya gag ada yang dari ikan:P)

Gag bisa dimakan dalam arti buat orang2 muslim yaaa, kalo orang di luar muslim siy gag ada masalah book:)...tapi gw juga tau siy gag semua muslim mau tau dan pusing urusan bole gag bole dimakan inih, dulu gw juga gitu kok, pusing2 amat mikirin bole dan gag bole, apalagi kalo makanan dari jenis yang bahan dasarnya halal aka boleh dimakan, misalnya sapi atau ayam, males mikirin ini haram itu haram, ntar bakalan gag makanan deh....

Tapiii, setelah punya anak, semua berubah total, Ridho siy udah lebih strict dari dulu, gw nya aja yang masi koboy waktu belon beranak:D...serem juga kan kalo kita ngasih makanan ke anak kita sesuatu yang dilarang Allah SWT dosanya dobel booo, hehe...

Untuk bahan pertimbangan aja, kali2 butuh kalo jalan2 ke sini dan mo makan2 ato mo beli oleh2 makanan...bisa ceki2 ingredients-nya dulu


Daftar Haram

1. ショトニング Shortening

2. マーガリン Margarin

3. 油脂 Fat

4. ゼラチン ジラチンGelatin

5. 肉、鳥肉、豚

肉、豚肉、牛肉、鶏肉、

豚肉由来成分含む、とんかつ

All kinds of meat beef, chicken, pig

6. ビーフエキス Beef extract

7. 鳥肉エキス、チキンエキス Chicken extract

8. 肉エキス Meat extract

9. ポークエキス Pork extract

10. ラード(豚)Lard (Butaniku; pork)

11. ビーフカレBeef curry

12. ビーフコンソメBeaf consomme

13. コンソメパウダーConsomme powder

14. コンソメConsomme

15. ラードor豚脂、ヘッドor牛脂、加工油脂 Lard, beef tallow oil, mixture of various fats

16. アルコール Alcohol

17. ワイン Wine

18. リカー、酒類、醸造酒、焼酎 Liquor

19. 洋酒 Western liquor

20. 酒 Sake

21. 洋酒漬レーズン Raisin moistened with western wine

22. ブランデー Brandy

23. ラム酒 Western wine

24. みりん Red sake


Halal, tidak dilarang

1. 植物性ショトニング vegetables shortening

2. 植物性油脂 vegetables fat

3.植物性マーガリンMargarine from vegetables

4.乳化剤(大豆由来)Emulsifier from soy bean


Yaaa...semuanya memang terserah yaa ke masing2 orang, gw siy ngerasa lumayan mikir kalo mo bawa oleh2 berbentuk makanan, emang banyak yang bisa dimakan juga tapi kan kadang kagag spesial, kalo macem biskuit2 oreo ato ritz maah banyak di jakarta :D...

Kalo orang mikir, ribet yeee hidup, makan ini gag bole makan itu gag bole, yaa emang kalo dipikir ribet yaa ribet, kadang udah ngiler2 sama roti dari kejauhan, taunya gag bisa dimakan, apa2 musti masak sendiri, kalo mo jajan, yaa jajanan itu lagi itu lagi, sampe anak gw kalo ke supermarket udah ngambil sendiri aja snack2 yang biasa dibeliin emaknya:p...

kadang gw males baca2 lagi, nanya2 lagi ke customer service perusahaan makanan, jadi yaa makanan kecilnya kagag variatif, daripada dosa yaaa gag siy:p...

untungnya di sini itu serba informatif, kalo mo jajan ato makan di restoran kita bisa buka web-nya, ditulis deh tu masakan apa isinya apa aja, bahkan kalo nanya pun, sampe kokinya mau ngejelasin ke kita, dan gitu juga sama soal snack, tiap kita nelpon cerewet nanya2 misalnya shortening-nya apaaan, margarin-nya apaan, pasti dilayanin walopun cerewet kita sadisnya minta ampun:D...

Restoran halal di sini ada, tapi jenis2 makanan indihe gitu deh, kan gag gitu satu selera yaa sama selera nusantara:p, kalo lagi gatel pengen makan di luar, langsung *lagi* pengen pulang ke indonesia, huhuhuhuww gampang banget deh makan di negeri sendiri:D

Sekali lagi, kalo yang baca gag berkenan, yaa gag papa, kalo pun berguna kali2 mo melancong ke jepun, Alhamdulillah, setidaknya ini catetan buat kita juga siy yang masi dalam tahap belajar dan bergumul dalam kehidupan yang makanannya itu lagi itu lagi:p...

Mungkin lebih gampang kalo mo bawa oleh2 dari sini gag berbentuk makanan yaaa, kagag ribet baca2 dan tanya sana-sininya, bawa sumpit aja beli di toko cepe-an, dua fungsi tuh kan, sumpitnya caem dan bisa dipake buat maem juga, dan penting...harganya murah, hahahaha gober banged siy gw sarannya!

1 comments:

Anonymous said...

eh ternyata gak gampang juga makan di indo mbak.. misal di mall, dari berderet-deret resto yg baunya so delicious itu ternyata yg punya SH juga cuma beberapa doang *sigh*

apalagi makanan pinggiran yg gak ketauan misalnya ayam itu ayam sembelihan apa ayam tiren.. *huek*

sarannya akan aku terapkan, oleh2 berupa barang sajah, ga ada dosanya :D

-renaresray