Thursday, November 05, 2009

Cerita Mau Masuk TK

Tanggal 1 November 2009, hari minggu yang lumayan cerah tapi dingin, bersepedalah kita bertiga dari rumah ke TK seberang jalannya rumah:p...tadinya mo jalan kaki aja, tapi sekaliyan ntar niatnya bisa muter2, jadi deh naik sepedah....

Dari sebelom punya anak emang udah cita2 kita, kalo ntar punya anak dan masi tinggal di daerah sini, kita mo nyekolahin anak kita ke TK Kobato ini...Kenapa? Karena banyak anak asing yang sekolah di sana, ya iyalah selemparan batu dari Saitama University, jadi kesimpulan kita, ya gag ribet aja adaptasinya, as that simple:p...Jadi kalo ntar masuk TK, Aksa udah mulei sekolah beneran, pindah deh dari Soyokaze Daycare-nya ituh...

Begitu sampe depan udah ada meja buat daftar ulang yang dijaga dua orang guru, oh iya kenapa kita bisa ikut daftar ulang? Karena ada temen kita orang Indonesia yang anaknya masi sekolah di TK ini, dan merekomendasikan Aksa buat masuk TK, maksudnya siy ntar masuk April 2011...tapi kok kita dapet formulir daftar ulangnya yaaa? Pas baca syarat2 yang ada dalem amplop juga bingung sebenernyah ini begimane siyy:P....

Naah balik ke pas mo daftar ulang itu, Ridho langsung nanya;

(R = Ridho, G = Guru)

R: Anak saya sekarang baru 2 tahun 4 bulan, dia lahir Bulan Juli tahun 2007
G: Heeee?
R: Iya, saya juga bingung ini, kenapa bisa dapet formulir ini
G: Ah Maaf, ini kesalahan kita kurang teliti membaca tanggal di formulir rekomendasi
R: Jadi? Bagaimana kelanjutannya?
G: Silahkan kembali ke sini, Bulan Oktober 2010, untuk mulai masuk TK di bulan April 2011
R: Baiklah, terima kasih banyak atas penjelesannya

*Aksa yang udah semangat banget karena jauh hari2 dipesenin gag bole cranky mo daptar TK, kecewa beratttt:D...bukan kecewa karena gag masuk TKnya, tapi kecewa gag jadi nyobain maenan2 yang udah dia incer2 tiap lewat, wkwkwkwk....*

Akhirnya kita bertiga pulang deh, tapi jadi semakin tau kalo di sini emang semua sesuai aturan, gag pake embel2, dicoba sebelah mane gitu yaang ada celah2nya:D...

Aturan untuk masuk TK yang ada di nomor urut pertama:
(Contoh untuk yang akan masuk pada bulan April 2010, berusia 3 tahun; kelahiran 2 April 2006-1 April 2007)

Aksa kan Juli 2007, udah gag termasuk, jadi masuk angkatan bawahnya deh, mayan tuwir ntar kalo sekola, tapi yang lebih tuwir yang lahir tanggal 2 April 2007 yee bok:p...

Biaya masuk lumayan gede (mungkin gag segede TK-TK di jakarta siy yee:D), rata2 masuk TK di daerah Saitama sini, sekitar 140 rebu yen (uang pangkal, uang seragam, dll)...Uang masuk ini tidak mendapatkan ganti dari pemerintah daerah setempat...

Uang sekolah per-bulan sekitar 30 rebu Yen, mendapatkan ganti dari pemerintah setempat, tidak 100% emang, biasanya sekitar 50%-nya, tetapi tetap dilihat dari besar penghasilan kepala keluarga per-tahun, kalau sudah keluar dari range yang mendapatkan ganti, yaaa gag diganti lah, wong gaji babe-babenya juga udah pada gede kan:p...

Yang enak adalah kalo jadi pelajar (mahasiswa), uang masuk cuma 50% dari uang masuk resmi, uang sekolah per-bulan diganti 100% dari pemerintah setempat, tapi ternyata ini gag berlaku di semua TK se-jepang, tergantung kebijakan per TK masing2:D....

Ngomong2 jadi mahasiswa itu emang enak:D...karena terhitung zero income walopun dapet beasiswa dari pemerintah Jepang; bisa apply rumah pemerintah yang murah walopun tergantung nasib yeee (di-lotere bokkk:p), gag bayar pajak penghasilan yang ajegile edan gede bener ituh, gag bayar pajak kota yang per-tahunnya bisa buat ongkos pulang-pergi ke indonesia berdua:D, bayar uang masuk sekolah TK-nya setengki ajeh, terus bayar bulanan uang daycare-nya setengah harga (untuk yang TK dan Daycare itu gw baru tau di TK Kobato dan Daycare Aksa yang emang bekerja sama dengan Saitama University)...

Disuruh balik lagi jadi mahasiswa, mau? Siapa? Ridho? Mo sekolah apa lagi yaaa? Dia siy maunya sekola Pilot, ngapain coba kemaren lama2 sekolah sampe yang nungguin lumutan:D...Kalo gw yang sekola? Yaa Gag ngaruh, wkwkwkw...lagian males amat sekola mulu, gw beda sama Ridho, yang sampe udah kerja aja lagi masi suka kangen sekolaan, gillak deh:p...orang kok hobinya sekola?


0 comments: