Tuesday, July 28, 2009

Pelajaran Berharga

Dari beberapa hari ini, ada 3 hal yang bikin gw jadi nge-blog malem2:D...mungkin gag penting2 amad yaa buat orang laen, tapiiiii buat gw ini lumayan perlu dicatet, biar bisa dibaca Aksa dan adik2nya kelak *hmmmmm, adik2? edaaaaaan....:D 1 adik lagi aja Si emak belom berani:p*

Well, gini ceritanya....

Cerita pertama
Minggu lalu, Aksa marah sama gw! Iya, marah beneran...gag pernah2nya dia marah sama gw selama ini, kaget? pasti! Sedih? huaaaaaa banget, banjir air matalah gw tu hari:)...Ceritanya gini, pagi2 mo brangkat sekolah, Aksa gw tegur keras, karena gag nurut omongan gw, dia duduk aja di bangku sepeda yang basah, pedahal udah gw kasih tau sebelumnya...

Di perjalanan ke sekolah tu anak emang diem aja* gag biasa2nya*, sampe sekolah juga langsung mingle ama temen2nya, biasanya dia gelendotan dulu di gw, pas di parkiran sepeda gw dah minta maaf sama Aksa atas teguran keras gw tadi itu...

Pas gw jemput sorenya, dia merajuk, gag mau pulang, tiduran aja di lantai kelasnya, sampe akhirnya gw paksa, dan menangislah dia di sepeda dalam sepanjang perjalanan ke rumah, sampe rumah gw bujuk rayu, gw suapin makannya, gw kasih teh manis kesukaan dia, gw ajak maen2, begitu dia udah keliatan antusias dan agak happy, gw tanya pelan2....

B: Tadi, Aksa kenapa? Marah sama Bunda?
A: Asa....sepeda, Dame yooou! (tadi pagi, di sepeda, Bunda teriak gag bole keras bener)
B: unnn, wakatta! gomen ne Aksa...Iya Bunda ngerti, maafin Bunda yaaa. Maafin Bunda karna teriak ' gag bole' terlalu keras ke Aksa, Insya Allah gag diulangin yaa Sa...Aksa mau kan maafin Bunda?
A: Haik....

Langsung meleleh dan tumpah aer mata di tempat gw denger Aksa ngomong Haik, dan Aksa langsung meluk2 nyiumin semuka gw, gw tau gw salah, gw tau gw gag berusaha lebih sabar, dan gw tau gw bikin Aksa kecewa, tapi gw gak berniat begitu, dan mudah2an Allah ngasih kesempatan ke gw biar jadi lebih sabar, biar gw gag ngecewain Aksa lagi...

Cerita Kedua
Kebiasaan setiap pulang sekolah, Aksa cuci tangan terus duduk depan tipi, ngemil2 ato maen2 apalah yang dia mau, abis tu, duduk di meja makan dan mulai makan malem, makannya sebelom mandi, jadi kalo belepotan, memang pas abis tu dimandiin....

dan gw masak2 buat makan malem Ridho, sambil ngeliatin Aksa makan, kadang kalo gag sabaran sambil nyuapin....

Tadi sore, karena gak ada lauk untuk Aksa sama sekali cuman ada lauk daging dan sayur pedes, sebelum sampe rumah kita mampir dulu di Yaoko beli unagi bentou (isinya nasi-telor dadar-mentaiko-dan unagi tentunya) porsinya gedaa....jadi sore ini Aksa makan unagi bentou, begitu tinggal 4 suap lagi kira-kira, dia mogok makan, terjadilah percakapan dengan jawaban yang membuat gw terharu *sumpahhh deh bok, gw gag nyangka sama jawaban Aksa:)*

B: Aksa, kalo makan harus dihabisin, kalo gag habis nanti Allah marah, nanti kalo gag bisa makan kan sedih Sa...
A: Budaa, onaka ga ippai, dou?

(Yaaaayyyy, gw ngomong panjang lebar pake bahasa indonesia, dan Aksa ngejawab pake nihongo dengan jawaban yang fantastis menurut gw:D)...

"Emang bener yaa Sa, kalo udah kenyang musti gimana coba?":D

Lagian harusnya gw sadar sebagai emak, itu makanan porsi geda, buat gw ato Ridho itu baru bisa habis:p

dan penting emang yaaa kalo ngasih nasehat itu diliat dulu kasus posisinya, jadi nasehatnya juga bermanfaat buat yang denger:D

Cerita Ketiga
Perjuangan pun dimulai, hehe! serieus yaaa Bok:D...

Mudah2an Allah selalu memudahkan setiap urusan kami, dan mudah2an kami termasuk orang2 yang ikhlas mengerjakan segala sesuatu kewajiban kami, amiinnnn...

R: Can, tadi ada dipanggil ama HRD
M: teruss
R: tentang sholat Jumat
M: kenapa Kung? Gag bole Sholat Jumat?
R: Bole kok, tetep bole....tapiiii
M: Gag bole tiap minggu?
R: Bole kok tiap minggu, tapi potong gaji...pedahal dari taun lalu kan aku dah bilang, kalo aku bersedia untuk ganti waktunya dengan dateng lebih awal dan pulang telat:(
M: Berapski?
R: *menyebutkan jumlah yang signifikan*
M: huaaaaaa banyak amad Kung:((

Sedih *lagi*? pastinya, pertama kali denger sedih abis, itu potongan lebih gede dari gaji pertama gw dulu di taun 2002 kerja di Indonesia! Nyesek? Iyalah! Siapa coba yang gag nyesek? Kalo di negara2 yang kenal agama, mo minta waktu Sholat Jumat mungkin gag akan dipotong gajinya, malah kalo di Indonesia tempat Sholat Jumatnya tinggal koprol ato ngesot dari kantor:(...

Ridho dipotong gaji karena dia musti keluar kantor selama 2 jam, itu perjalanan doang, sebenernya 3 jam ama sholatnya, cuman kan pas sholat pas jam istirahat....perjalanannya? Lari cepet negejer2 kereta dan ngejer bis, beres Sholat, kalo pas Sholatnya lama, buat ngejer waktu harus naek taksi Karena bis-nya sejam sekali, kalo pas tepat waktu ya dapet tu bis....Mo bawa mobil, belom bole karna baru kerja taun pertama!

Setelah beberapa saat berpikir, gw dan Ridho pun mengerti, Allah pasti punya rencana yang luar biasa buat kita, duit segitu? Gag akan bikin kita jadi gag bisa makan, gag akan bikin kita menderita, gag akan bikin kita sengsara....

Kita yakin, apa siy yang kita kejar, hanya untuk berusaha sekuat tenaga demi ridho dan surga-Nya kan?

Ini juga jadi pelajaran pertama langkah perjuangan kita, baru mulai, masi ringan, PR besar dan berat menanti kalo emang mo hidup dan membesarkan anak di sini....

Ya Allah, mudahkanlah dan ringankanlah setiap langkah-urusan dan masalah kami, jagalah iman dan hati kami, lindungilah kami dari setiap godaan setan yang terkutuk, dan berikanlah kami kekuatan lahir &bathin untuk mendidik dan membesarkan anak2 kami agar mereka menjadi manusia2 yang senantiasa bertaqwa kepada Mu, Hanya kepada Mu lah kami percaya-memohon dan berserah diri...


1 comments:

Woro Pradono said...

laaahh lucu amat si Aksa ngomong jepun!
hihihi.. lagi2 mi lagi, gue kok ga tau lo ada blog ya? seneng banget bacanyaaa...