Friday, July 13, 2007

When he was born....

Image hosted by Photobucket.comAlhamdulillah, akhirnya pulang juga ke rumah, gw dan si bayi, setelah 12 hari nginep di RS, lamaaaa boog:D...pas Aksa lagi bobo, sempet juga duduk depan kompi, sekaliyan ngaso bisa ngapdet blog....Pengen cerita lahirnya Aksa, yang lumayan berasa panjang juga, sebelum gw cerita kenalin dulu yaa sama bayi gw, Nama lengkapnya Barra Danadyaksa Chayono, lahir dengan berat 3330 gram panjang 51 cm, hari Selasa 3 Juli 2007, jam 18.30, lewat operasi sesar oleh Dokter Miyazaki di Saitama Sakai Hoken Byouin...periksa minggu ke 39 (25 juni 2007), Miyazaki Sensei bilang kalo cerviks gw belom menipis dan melembut sama sekali, belum ada tanda2 pembukaan, jadi senin depan pas di minggu 40, kalo ternyata keadaannya masi tetep sama, dia bilang mo bikin schedule buat meng-induksi gw....

Huaaaaaaaaaaaaaaa, langsung stress dan horor di tempat, panik kelas berat, walopun belon tau rasanya melahirkan baik normal ato induksi tapi tetep aja gw deg2an abis, akhirnya berhasil memberanikan diri buat terima nasib kalo musti diinduksi, yang penting bayi gw lahir sehat dan gw-nya juga, toh gw juga belon tau rasanya melahirkan normal tanpa induksi, jadi belon tau sakitnya....

Jumat (29 Juni 2007), keluar flek2, nyokap udah nyuruh langsung ke RS, tapi kan gw inget pesen susternya, kalo belom interval 10 menit gag bole dateng, kalo pecah ketuban ato bleeding bole langsung dateng, sempet nelp Mbak Enit buat bikin nyokap tenang, kalo gag dia udah sibuk nyuruh2 gw ke RS melulu:D....

Sabtu (30 Juni 2007), dari pagi jalan2 sama nyokap-bokap dan Ridho, liat di mana2 sale, tapi udah gag napsu lagi sama yang namanya sale, padahal marui lagi sale abis2an, cuman pengen cepet2 melahirin aja pikiran gw, udah ngiter2 dari pagi sampe malem, berharap, pas senin periksa udah ada bukaan jadi gag usah diinduksi...

Minggu (1 Juli 2007) 00.30, meleleh cairan keluar banyak di CD gw, langsung nanya nyokap,"Maaa apaan ni Ma?" nyokap langsung bilang,"Gag mo tau ke RS sekarang, kamu pecah ketuban tuh!"...sampe RS langsung di cek, udah bukaan 3, yeeey..semangaaaat! mules-ilang mules-ilang-mules-ilang, ditemenin Ridho sampe minggu malem, tetep aje masi bukaan 3....jeeeeengg jeeeeeenggg, horor! malemnya Miyazaki Sensei, bilang besok mulei induksi, secara bukaan gw gag naik2...bedoa2 banyaaaak, ditemenin Ridho terus...minta maaf ke orang2, sebelunnya di rumah pas belom pecah ketuban gw abis ngobrol serius sama Ridho dan minta maaf juga, sampe sempet melelehkan air mata, takut ngadepin senin-nya kalo ternyata diputuskan induksi:D

Senin (2 Juli 2003) hari yang cerah, ngumpulin nyali buat mulai induksi, yah tapi karena gag ada pilihan laen, bismillah, bismillah. bismillah...abis diliat bukaan yang masi 3, mulai dipasang alat buat ngukur detak jantung bayi, dateng deh si infus lengkap dengan cairan oxytocin, perjuangan pun dimulai....

seharian, mules dateng teratur, intervalnya semenit2,rasanya? tanya aja sama orang yang pernah diinduksi, mulut gatel banget pengen minta epidural, tapi pas denger bukaan masi 4, buat apa juga di-epidural, lagian mikir, kalo minta entar pasti disuruh bayar mahal, di jepang sini semua keputusan ada di tangan dokter, kalo kita yang minta, bisa nantinya disuruh bayar mahal banged:D...

sampe maghrib pun dateng, bukaan gag beranjak dari 4, Miyazaki Sensei mutusin buat berenti induksi hari ini, kata dia, besok dicoba lagi induksi....nangis2 deh gw ke Ridho, di satu sisi gw tau gw musti berjuang ngeluarin niy bayi, iyalah gw pasti berjuang sekuat tenaga, tapi rasanya induksi itu loh bikin trauma, sakitnya minta ampun, interval udah deket, cuman bukaan gw aja yang gag maju2...

Selasa (3 Juli 2007), ayo berjuang lagi! hari kedua induksi, akhirnya rasa trauma itu bisa juga berubah jadi rasa lebih kuat dan percaya diri, bismillah mudah2an bukaannya maju, sakitnya siy tetep minta ampun pas dijalanin, tapi gw minta istirahat lebih teratur waktunya *daripada kemaren* buat sekedar pipis jalan ke toilet ato jalan2 ke lobby nengokin nyokap-bokap yang tegang berad:D...juga bisa makan siang lebih nikmat dari kemaren, mentalnya dah lumayan kuat daripada kemaren keknya...siang menjelang sore, tambah lagi 1 botol oxytocin, huaaaaa.....:((jam 5 sore, Miyazaki Sensei lari2 ke kamar gw, gw liat karena emang gw abis pipis, dia nyuruh suster buat nyuruh gw masuk ke kamar mo dicek bukaannya, pedahal sebelonnya suster yang jadi penanggungjawab gw hari itu abis ngecek dan doi bilang gw dah bukaan 7, gimana gag semangat dengernya gw, tapi begitu dicek sama Miyazaki Sensei, jeeeeeng jeeeenggg....dia bilang cuman bukaan 4,5...wakkk waawww:D...susternya bloon *emang suster baru ternyata doi:D*....

sambil nahan sakit, gw dan Ridho dipanggil ke ruangan, terus Miyazaki Sensei ngasih selembar kertas, ngejelasin macem2, dan mutusin gw buat dioperasi sesar, secara dah 2 hari diinduksi, 3 botol infus gag bikin pembukaan gw maju, dan ketuban udah pecah, takut terjadi apa2 dengan si bayi dan gw-nya, jadi diputusin jam 6 masuk ruang operasi...

ditanya takut apa gag? gw siy pasrah aja, pokoknya anak gw musti lahir selamat, mo gimana kek caranya, gw tanda tangan aja, sambi masi mules2 teratur...

rada seremnya waktu mo dioperasi secara orang jepang gag beragama, jadi gag ada tuh berdoa dulu sebelon operasi, cuma pada teriak bareng2 aje,"yoroshiku onegaishimasu!"...gw berdoa2 sendiri aja, operasi diiringi dengan alunan lagu J-Pop....berasa denger radio dengan perut diuyek2...jam 18.30 anak gw keluar, abis di tusuk2 mulut dan idungnya *sepengelihatan gw*, nangis booog kenceng banged, susternya langsung bilang,"otokonoko desu!" gw langsung bilang," Alhamdulillah ya Allah, hai Aksa, akhirnya kita bertemu!" dan ternyata, si bayi emang gag mungkin keluar dalam keadaan normal, karena kepalanya terlilit tali pusar, pantes aja dia gag bisa bantuin gw majuin pembukaan *ini siy pikiran gw*, dokternya juga gag tau pedahal tiap periksa di USG:((

sayangnya Ridho gag bisa nemenin di ruang operasi, orang jepang emang kaku2, gag ada sentimental2-nya, yaah ada siy beberapa yang gag kaku...jadi gag berasa tuh haru2nya, abis dibersihin sekedarnya, Aksa dibawa keluar langsung diadzan-in dan iqomat sama Ridho....

gw keluar ruang operasi jam 7 lewat, langsung disambut sama Ridho, nyokap-bokap yang heboh nyeritain Aksa mirip Ridho...

Alhamdulillah Ya Allah, Atas segala yang telah Engkau limpahkan kepada kami, bimbinglah kami dalam memulai langkah kami dalam membentuk keluarga samara yang seutuhnya, dengan adanya titipan dari-Mu kepada kami, Ya Allah...mudah2an kelak Barra Danadyaksa Chayono akan menjadi manusia yang bersih-jujur-baik yang senantiasa menjaga kejayaan agama-bangsa-dan negara sesuai doa dalam namanya yang kami berikan...

5 comments:

lala_buan said...

mia...congratsnya for akachannya :) duh,ikutan ngilu baca artikel yg ini...tp alhamdulillah smuany baik2 aj :) salut buat lo mi...2x24jam lebih euy nahan mules2 da gitu yg diinduksi ;( huebaaattt niy mama aksa....btw,kirain nama babyny pake shinosuke krn lahir di saitama...nanti msk TK kelas himawari yah :D salam sun tuk dede aksa yah mi...dr bang razan jg :) moga mjd anak yg sholeh n cerdas ;)

TomInta family said...

Hai...gi jalan2 trus nyampe sini, ternyata yg punya rumah baru dapat kado istimewa..
selamat ya semoga Aksa jadi anak sholeh, penyejuk hati kedua orang tuanya,
Namanya bagus banget...
salam kenal dari kami :-)

Rahmi Sukma said...

Slamat ya Mia dan Rido, moga kelak Aksa jadi anak sholeh. Bagaimana hari-harinya diisi oleh kehadiran seorang beibi mungil?
Dokterkan juga dah usaha memberikan infus induksi 3 botol... Takut juga ketubannya kering sebelum bayi keluar. Klo aku maren malah belum pecah ketuban tapi ketuban dah dikit.

Gege said...

duuhh surprise banget...
nasib kita sama Mi..dibedah juga ni peyut hihihi...
gak papa Mi, yg penting semua selamat yah? Iya Aksa mirip ridho banget sih?

Semoga aksa jadi anak kebanggaan papa mamanya..semoga mia & ridho jadi ortu yg baik buat aksa..amiin..

~ Bunda ShafaHafiz ~ said...

Selamat datang baby aksa ..

biar telat, yg penting doanya ya mi ;)
smoga sehat2, jadi anak sholeh, selalu diberi kemudahan dalam membesarkan aksa, amin.