Tuesday, May 10, 2005

Emak, Nyokap, Mama, Ibu, Mbo'e...whatever laaah...

sepanjang perjalanan pulang tadih, gw teringat emak di kampung halaman sanah...macem-macem alasan kenapa tiba-tiba gw keingetan ama si nyokap, pengen gw tumpahin semuahnya segerah di sinih:D...

si nyokap tuh wanita pekerjah, blio kerja dari jaman gw masi belon ada ampe gw beranjak abegeh...emakku seorang pramuka, weekkk salah;p seorang pramugari...kalo lagi gag terbang, doi dengan langkah pasti ampir tiap pagi, mengayuh sepedah pergi ke pasar, dan setiap saat kalo gw lagi libur sekolah, doi pasti berusaha ngajak gw setengah maksa, tapi selaluw...selaluw sukses sodara-sodara...gw tolak dengan berjuta alesan...dan pasti nih si emak bakal ngomel panjang bangedd merepet dari pagi ampe pagi lagih..."Kak, kamu tuh anak perempuan, yah mbok yang perempuan dikit ngapeh!" salah satu jeritan andelan si emak tiap ngadepin kebengalan gw...dan tadih, gw mengayuh sepedah mengakhiri aktivitas gw hari ini...gw mampir buwat belanja ikan emang bukan di pasar, tapi beberapa puluh taun dari emak gw ngomelin gw, sekarang gw bisa belanja sendiri, sukses bisa bedain mana ikan dan mana ayam...

dulu gw selaluw bilang,"Ma demen amat sih ke pasar, kan becek, bau, males gag sih?" Si nyokap jawab dengan mukanya yang keliatan sangar;p," kalo mama gag ke pasar, Kamu gag makan dong!" gw jawab lagi,"kan bisa si pombokad ajah yang ke pasar," si emak jawab lagi lebih ketus dari gw dong;p,"kagag ah, ntar duitnyah dicatut!" beillllee..emak-emak...kok yah segituh hebatnyah cara berpikirmuh:D...jaman dulu jarang banged pula tukang sayur lewat depan rumah gw...

pointnyah...duluw gw males banged nemenin nyokap belanja, dulu gw heran knapa ibu-ibu demen amat yak belanja...padahal ada pembantu yang bisa disuruh belanja...dan sekarang gw berasa, jadi akrab ama grocery...tapih, sejak nikah belun pernah brasa punya pembantu...cuman gag punya pembantu juga, soal merki gag kalah ama emak gw;p..

sampe beberapa hari mo nikah, gw dikasih intensif bgaul di seputaran dapur ama si emak...mulei dari ngebedain mane laos, kencur, dan bumbu dapur yang menurut gw bentuknya mirip-mirip ajeh sampe tingkat advance soal dapur, tapih tetebh ajeh, cara instan ituh gag ngaruh yah bog;p...Alhamdulillah abis kawin langsung diajak kabur dari rumah ama Ridho...dan semua bumbu dapur berupa bubuk yang pasti ada tulisannya dong...seddaappphh;p...

dan tadih karenah ngenjod sepedah, gw bener-bener brasa kaya nyokap jaman doi nggenjod sepedah juga buwat belanja...sebenernya tiap hari juga gw genjod sepedah, cuman karena abis ngeborong ikan jadi brasa,"owwhh my God, gw kayak mama nih!" nyokap gw juga kalo belanja sesuatu yang menurut doi lagi murah, pasti dibeli langsung banyak, ternyata gw juga begituh;p...gw beli flounder fish 14 biji;p...abis lagi murah banged, gag dibatesin 1 orang bole beli berapa...grocerynya sekitar sejam bulak-balik dari rumah, kalo tadi sambil dilalui lumayan kaan...

yang sebelah kiri foto manda, mama, dan gw...yang sebelah kanan foto ikan yang gw borong dengan menggila;p...karena udah seharian pegel linuwh sekarang pengen santai sejenak sebelon ngerjain tugas dapur;p...dan otomatis gw juga inged ama nyokap gw lagih...,"Ma ngapain sih bediri muluw di dapur kaya satpam?" terus doi jawab, "makanya kalo mo liat mama duduk, kamu bantuin sinih!" gw jawab," gag ah, males;p!" dan pembantu gw sedang asyik menikmati tidur siang ato tidur sorenyah...jam tujuh udah gag bisa diganggu gugad...tinggalah si emak maen band di dapur alias beberes sendirian...

sebelun sampe rumah banged tadih gw sempet juga menclok di McD, gag tahan ngeliat iklan apple pie lagi 100 yen;p...gw juga beli lemon tea..

dan gw hubungin-hubungin lagih nih sih sama si emak...kalo abis balik dari pasar, pasti doi juga menggenggam bungkusan, ntah ituh mie ayam, mie baso, somay, ketoprak, ato es campur...buwat sarapan nanggung...pagi kagak siang juga kagag...

kepada angin...bisikkin yah ke emak gw...kalo gw sekarang dah akrab bener lowh ama dapur...hobi pula belanja dan bisa bikin laki gw jadi agag seksih berisih lowh;p...at least gw perempuan kan:D...

Ya Allah ampunilah dosa-dosaku terhadap Mama dan Ibu, berikanlah kesehatan kepada blio...*jadi kangen masakan ibu...kangen cerewetnyah mamah*...

3 comments:

nova said...

miaaa.. dikau lucu banget siiy nulis posting.. hihihii.. kebayang deh serunya beduaan ama mama kamu, mi.. :) itu apple pie enak banget ya? di sini gak ada yaaa.. sayang banget.. hihi. penasaran ama rasanya... :p

met wiken yaaa mia.. salam buat ridho :)

keluarganugraha said...

klo gw dulu emang gag suka ke dapur, tapi demen bgt ngikut ke pasar soalnya banyak jajanannya... hihihiy.. dah gituw gw biasanya suka disuruh tungguin di kios soto di tengah pasarnya.. soto madura.. weits, gileee.. huenak tenan...

akhirnya kebiasaan masar berlanjut deh sampe gw kuliah... :D skarang? gag pernah lagi lha wong gag ada... hihihiy...

isya & ayya said...

hmm..hmm..mau buat pengakuan...
aku gak bisa naek spedaaa huaaaa..
hihi..gak papa lah ya Mi..di jakarta sini kayaknya naek speda gak terlalu diperlukan kayak di jepun sana toh hehehe (InsyaAllah)..
/nadia