Wednesday, April 06, 2005

KeTika AkU meNjadi TKW :D

beberapa hari yang lalu, gw sempet chatting sama temen gw, ana namanya. cerita ke sana-ke sini, smp akhirnya ngomongin soal kepindahan temen gw yang laen ke kantor ana, eno namanya. Oke...belom berakhir ceritanya, justru gw baru mo mulei flash back kisah hidup gw sendiri yang kebetulan berhubungan juga sama eno...

dari hasil rumpian gw sama ana, gw sempet bersyukur, karena finally eno pindah kantor, gak lagi di kantor yang juga sempet bikin gw stresss ituwh...inget beberapa tahun yang lalu, jaman masi fresh graduate, masi belon punya banyak pilihan, masi sempit cara berpikirnya, masi kepengen jadi lawyer, dan masi-masi laennyah...abis lulus, gw nganggur sebulan, langsung kerja cuma sebulan juga, terus langsung pindah kerjaan lagi ke kantor yang mau gw ceritain inih...

akhirnya kesampean deeh cita-cita gw jadi lawyer, dan pengalaman selama jadi lawyer di kantor itu, sempet bikin gw takut sama orang jepun, tapi kok skitar gw hampir smua berhub sama jepun, yang ade gw sekolah ke jpn, yang pacar gw *saat itu masi pacaran* mau lanjutin sekolahnya ke jepun, dan yang tadinya gw juga niat lanjutin sekolah gw ke jepun tapi jadi luntur sejak gw harus bergaul akrab dengan bos jepun dan klien-kliennyah yang almost all orang jepun ituwh...intinya gw sempet jadi pembenci orang jepun...

di kantor itu gw juga belajar jadi dewasa, gimana caranya ngendaliin diri, gimana caranya musti betah ngadepin komputer lebih dari 12 jam sehari (gak pernah kurang), gimana caranya bermain kata-kata dengan kontrak yang sumpaaah banyak banged yang musti dibahas, gimana caranya sabar ngadepin kelakuan teman kerja yang jauh lebih dewasa tapi ngesselllin abish, gimana caranya nyuri-nyuri waktu buat telponan sama pacar;p, gimana caranya kalo ngasih kartu nama ke orang jepun (tuh kaan ribet banged ngadepin jepun) sampe kalo mo mulei meeting juga ada tata kramanya sama para jepun ituw, dddooowh...di kantor itu gw juga kenal banyak ragam manusia dengan segala tingkah polahnya, dan di kantor itu juga, gw pernah ngerasain kerja dan terperangkap bareng eno, heheeee...

gw inget waktu gw mo ijin cuti nikah, sama si partnernya malah dibilang,"saya waktu mo kawin besok, hari ini masi kerja!" aaahhh boong luw dalem hati gw, gilla apah gw percaya omongan hiperbol lu ituwh...pas abis dia ngomong gw sih cuman cengengesan ajah, dan akhirnya cukup 3 hari sebelun nikah dan 5 hari sesudahnya yang gw dapetin, lumayan daripada besok kawin skrg masi kerja abis kawin langsung kerja lagi, gak nikmadd dong entar kawinnyah;p

pulang tengah malem menjelang pagi ituh udah biasa buat gw, sampe kadang bokap nyangka yang gw abis pulang kantor gak langsung pulang, nyangkut dulu di mana...wajar sih bokap mikir kaya gituw, mungkin dia keseringan nonton ally mcbeal, abis ngantor terus hangout dulu ama temen-temennya dengerin si vonda shepard nyanyi dan masi semangat pula diskow"...tapi kalo gw, keluar kantor menuju parkiran ajah kadang suka udah berat mata...maunya merem, masi musti nyupir dulu ampe rumah, kalo pake nongkrong dulu, mungkin gw tidur aja bentar di mobil, begitu bangun langsung balik ke kantor lagi dengan baju yg sama kaya kemaren, haha....

sampe setelah beberapa hari nikah dan balik ngantor lagi, Ridho sempet protes ama gw, dia pergi ke kantor gw masi ngorok, gw pulang ngantor dia yang udah tidur, karna bosen nungguin gw pulang ampe tengah malem muluw, penganten barunya gak brasa, hampir gak ada kegiatan sayang-sayangannyah karena kantor gw yang menyita hidup gw hampir sepenuhnya, belon lagi weekend yang seringnya gw musti nongol juga di kantor, ddooowwwhh...dan dengan sukses menyita waktu gw si kantor ini dan bener-bener bikin gw dengan terpaksa gak pernah melayangkan lamaran-lamaran ke tempat laen, sempet sebelon ngantor di situ ngirim beberapa, pas udah kerja di situ, dipanggil buat tes, gw lewatin begitu saja berbagai macam kesempatan yang dateng...

begitu Ridho cabut ke jepun, dia minta gw ikut sama dia juga, otomatis gw musti resign kaan, waktu gw nyampein keinginan resign gw dengan berbagai macam alasannya, gw malah diketawain, gak ngerti knapa mreka ngetawain gw dan bilang kok gw berpikir picik dan sekarang kan jamannya emansipasi wanita, hee? Apa salah kalo seorang istri diminta suaminya ikut nemenin dia sekolah, apa salah kalo gw mengambil keputusan nikah di usia muda dan akhirnya mengikuti semua permintaan suami gw, toh suami gw bukan bilang,"lo gak bole ngantor lagi sejak kawin ama gw." Dia bilang dia gak mau Long Distance sama gw, dan selama dia sekolah, gw mo sekolah lagi kek, gw mo kerja kek, gw mo nganggur kek, semua terserah gw, gituw lowh bos;p...Si Bos gw itu malah nawarin gaji lebih gede karena akhirnya dia mikir gw ngada-ngada tapi sebenernya gw udah ketrima kerja di tmp laen, ddooowwhhh...emang muka gw mirip sama tukang tipu yah;p...

Akhirnya gw cuek cabut karena si Bos ini pengen tetep gw di situw *baca kabur*, ninggalin eno dan temen-temen laen dan kerjaan segudang itu, makanya gw suka ngerasa salah ke eno, dulu gw bilang waktu eno baru lulus kuliah,"eh di sini lagi nyari junior lawyer no, coba ajah." Akhirnya gw cabut gitu ajah, ninggalin eno terperangkap di kandang macan jepun ituhw, hahaaaaa...pisss aah:D...

jadi inget gw diomelin baru beberapa hari kerja karena kabur pulang jam 8 malem pas smua org lagi meeting, jadi inget gw disuruh moto copy undang-undang berlembar-lembar ampe pinggang gw pegel total karena kelamaan bediri statis plus rasa keselll, jadi inget gw musti mau bikin ocha ato teh jawa buat klien kalo meeting ampe tengah malem karena si office boy udah cabud dari sore, pas gw protes si Bos Jepun Tua itu malah bilang,"kalo di jepang semua dilakuin sendiri, bebersih juga sendiri, bikin minum juga sendiri gak perlu office boy!"

Pantess kalo gw liat orang jepun di sini pulang kerja di sini kayanya cape ati gituwh mukanya. jadi inget waktu gw diomelin gara-gara ngasih kartu nama kaya ngebagi-bagiin kartu remi ke klien *pantesan semua jepun saat itu terpana dan melongow goblog memandang gw*;p...jadi inget gw dengan cueknya menegur senior gw karena gw denger soal bribe waktu ada kasus yang dimenangin sama dia, pdhal gw sama sekali gak tertarik yaah sama uang selaen uang keringet gw sendiri,catet tuh Pak;p..jadi inget sumpah serapah gw waktu disuruh bikin perjanjian kerja bersama suatu perusahaan dalam bhs ind dan ing dalam waktu gak nyampe 2 jam, jadi inget sama para seniman JakArt yang somasinyaah susaaah banged dibikin karena denger kasus posisinyah gw ngantuk malah ampe ketiduran dan ditegor sama senior partner gw:D...
jadi inget bulak-balik ke depnaker dan pusing sama pekerja pabrik yang demen banged demo, pdhl gw juga salah satu pekerja yang demen protes, heheee...

tapi di sana gw temuin pengalaman yang mahal harganya kok, gw tau dedikasi orang jepun tuh kaya apa sama kerjaanya, gw tau juga kok sedikit kalo sistem hukum di indonesia tuh corat marut, gak perlu gw ceritain detailnya, yang penting bagi siapa saja penegak hukum, bisa gak sih bener-bener jadi penegak hukum, karena kelian-kelian emang berkuasa saat ini, tapi inget-inget yeee ada hukum yang lebih mengikat lagi di atas sana:D, buat gw aparat tuh kadang jadi musuh bebuyutan, bukannya mempermudah kerjaan gw, malah mempersulit dan bikin makin ribet...

gw juga nemuin persahabatan di sana, nemuin temen baru yang serru yang cabut duluan lama sebelon gw karna gak sanggup juga ngadepin keribetan-keribetan orang jepun...ternyata begituw gw di sini, gw salah ngasih pendapat in general ttg orang jepun yang ribet, ada juga kok yang enak dan bisa akrab malah, kaya guru-guru bahasa jepun gw ituh, yang ribet juga masi ada, kaya tetangga gw inih, heheee...gw juga tau rasanya kerja di jepun yang semua musti sesuai aturan dan standar, yaaah sudahlah, gw belajar...banyaaak belajar dari setiap kehidupan yang terlewati, mudah-mudahan terjadi pendewasaan karena proses hidup ini...dan mudah-mudahan eno lebih enjoy kerja sekantor sama ana, karena gak ketemu lagi sama para jepun yang ribed ituwh....hahahaaaa, pissss yaaah buat semua orang jepang di luar sanah...

0 comments: