Thursday, April 14, 2005

JaDi vOLunTEer...

sebenernya ini pengalaman yang dah rada basi ato dah lama berlaluw, cuman karna tadi baru ketemu Kayumi Sensei, si ibu guru bahasa jepun jadi ajah iseng pengen mosting pengalaman pertama bergaul bersama anak sd jepun, gw dapet di ohkubo higashi shogakkou (sd ohkubo higashi), heheee...pergaulannyah terjadi sebanyak 3 kali dalam sebulan, jadi kita sebagai gaikokujin ato orang asing, diminta jadi volunteer buwat bergaul sama anak-anak jepun, ngejelasin macem-macem tentang negara kitaah, ntar mereka gantian ngejelasin macem-macem tentang jepun ke kitah, yaaah awalnya siy setengah mati, orang gede ajah di sini susah diajak ngomong bahasa inggris apalagi anak sd, jadi berbekal bahasa jepun gw yang menurut gw terdengar dodoll ituwh, tuh anak-anak kayanya ketawa-ketawa ngerti juga kok, kagak tau mereka ngerti ato ngetawain kedodollan gw deey;p...

dalam satu kelas dibagi jadi beberapa kelompok, gw dapet anak kelas 6, satu kelompok isinya 6 anak, dari pertemuan pertama sampe terakhir kelompoknya tetep sama, jadi mereka akrab banged deeh sama gw,dan canggihnya lagi sebelon ada acara itu, mereka dah baca dulu buku tentang indonesia, jadi kalo gw salah nerangin, langsung ddeeh pada protessh," di buku kok aku liat ada orang jualan baso di pasar?" (gituww kira-kira artinya)pas lagi nerangin gw bilang di dalam pasarnya gag ada, kalo di pinggir-pinggirnya emang banyak;p...huhhh bukunya bikin gw bt ajeeh!;p masak tukang baso ada dalem pasar, kalo baso mentahnya maah emang banyak yak di pasar, hahaahaaa;p ato emang gw kurang begaol di pasar kaliiy jadi gak pernah merhatiin ada baso mangkal di dalemnyah:D...

terusss terusss...akhirnya gantian mereka yang cerita tentang jepun dan macem-macem makanannyah, yah serru sssih tapi gw cuman denger ajah gak banyak protes kaya mreka, abisan mo protes soal jajanan juga gw jarang jajan, paling gw nanya,"knapa sih kalo ramen itu harus pake butaniku (babi)?" terus mereka jawabnya yah yang bikin enak itu babinyah, mbak....wheheeheeeee;p...

mereka juga nanya sama gw, katanya di buku orang indonesia suka ngeteh, gimana cara bikin tehnya, cara minum tehnya, duilllee illlee, mreka bayangin kali kaya di jepun yaah, sampe minum teh ajah ada upacaranyah...kalo di indonesia sih gak perlu cara bikin yang bener, semua suka-suka ajah, selera teh orang kan beda"...ada yang doyan teh bubuk ada yang doyan teh celup, ada juga yang doyan gulanya tipisss, ada yang gula di teh-in;p...jadi gw kasih tau yang standar ajah bikin teh celup digulain, pas beres bikin yang tinggal langsung diminum;p


/>terakhirnyaah sesudah makan siang bareng, dikumpulin semua anak sdnya bareng orang" dari negara laen yang jadi volunteer, terus ngobrol sebentar teruss dikasih duit deeh sama pihak sekolanyah, heheheee biar kata volunteer ada juga imbalannyah, mayan deeh buwat beli tako yaki;p

gw jadi tau kalo anak sd di sini, menyenangkan sekaliy gak kaya waktu gw masi sd di indonesia, pr-nya ajah segunung, kalo di sini sekolahnya santai, sarana dan prasarananya juga manteph, gurunya hebad, sepengelihatan gw mereka down to earth bangedd, gak ada jaim-jaimnya jadi guru, gak ada kantin jadi gak perlu jajan, ada makan siang barengnyah, teratur deeh...tapi yaah ituh kurangnya, mereka gak punya sarana ibadah, kalo pas sekolah yah rada susah mo sholat dhuhur ato sholat jumat buwat anak laki-laki, paling kita request ajah ke sekolahnya, biar dikasih waktu sedikit sama tempat, biasanya sekolah yang dah banyak anak internasionalnya ngerti dan ngehargain request kita ituwh...soal makannya juga bisa bilang kalo kita orang islam gak bisa makan babi dan makanan haram lainnya, nanti anak kita disuruh bawa bento (bekal) dari rumah, terus dimakan bareng deeh pas jam makan siang...

kalo jaman sd dulu cuman istirahat sama pulang sekolah yang gw tunggu biar kata sampe rumah musti bergulat ngerjain pr puluhan nomor dari buku cerdastangkas;p, soalnyah bisa jajannn ampe puasssh, dari mulei otak-otak buled-buled kuah kacang, somay, es kelapa, coca cola dikasih es batu gede", gulali, baso, cilok, gorengan, es cincau yang sirupnya warnanya pink abisssh ituwh...aaaah nikmadnyaa jajanan sd, pulang-pulang gw diomelin ama emak, jaman sd kelas 6, dikasih 500 perak selaluw ludash, iyaaalah makkk, gope gitu looow, gak mungkiin kan gw bisa nabung, jajanannya menggoda iman semuah di sekolahan;p...

ngobrol-ngobrol soal sd, jadi inget waktu pertama kali suka U2 *si om bono and his band tuwh* jaman mo lulus sd menjelang smp gw pengen banged beli kasetnya yang ada lagu One-nya, album Achtung Baby, ngumpulin duit jajan berapa hari gituw...pas nyampe toko kaset, malah gak jadi beli, karena liat-liat kok kaset yang laen banyak yang bagus, duit gw saat itu cuman bisa buat beli 1 kaset lebih dikit buwat ongkos pergi-pulang naek angkot ke rumah dari toko kasetnya, jadinya malah jajan di california fried chicken;p...gak makan somay seminggu niatnya mo beli kaset malah dipake jajan juga duitnyah, dasarr anak sd gak konsisten:D...akhirnya berhasil mengkoleksi om bono baru pas sma, setelah duit jajannya nambah dan udah bosen makan somay;p

0 comments: